Seni Budaya Kabupaten Gowa MGMP SENI BUDAYA KABUPATEN GOWA

Kamis, 31 Oktober 2013

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Berdasarkan Fungsi dan kegunaannya seni rupa dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu seni rupa murni (Fine Art) dan seni rupa terapan (Applied Art). Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan ekspresi pribadi, sementara seni terapan lebih menitik beratkan fungsi pakai/praktis.



Bidang seni rupa

1. Seni Lukis
  • Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan

  • Aliran Seni Lukis
    Aliran Seni Lukis – Melukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa dengan unsur utama warna. Dalam seni lukis ada beberapa aliran seni lukis. Dibawah ini saya akan menjelaskan aliran-aliran yang ada pada seni lukis beserta contoh gambarnya.
    1.Aliran Seni Lukis – Romantisme
    Romantisme adalah salah satu aliran yang menceritakan tentang kehidupan manusia atau hewan. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.
    Tokoh – tokohnya:
  • Raden Saleh (Indonesia)
  • Fransisco Goya (Spanyol)
  • Turner (Inggris)
  • Ruberis (Belanda)
Lukisan Romantisme

2.Aliran Seni Lukis – Naturalisme
Sesuai dengan namanya Naturalisme adalah aliran yang melukis sesuai dengan alam. Naturalisme di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad 19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme.

Tokoh – tokohnya:
  • Basuki Abdullah (Indonesia)
  • Wakidi (Indonesia)
  • Rubens (Belanda)
  • Monet (Belanda)
  • Turner (Inggris)
Lukisan Naturalisme

3.Aliran Seni Lukis – Realisme
Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran, bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun.
Tokoh tokohnya:
  • Irubus (Indonesia)
  • Wardoyo (Indonesia)
  • Rambrant Van Rijn (Belanda)
Seni Lukis Realisme

4.Aliran Seni Lukis – Surealisme
Lukisan aliran surrealisme ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi dan sebenarnya bentuk dari gudang fikiran bawah sadar manusia. Pelukis berusaha untuk membebaskan fikirannya dari bentuk fikiran logis kemudian menuangkan setiap bagian dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.
Tokoh – tokohnya:
  • Salvador Dali (Spanyol)
  • Ivan Sagito (Indonesia)
Lukisan Surealisme

5.Aliran Seni Lukis – Impresionisme
Aliran ini menggambarkan sesutu yang impresif maksudnya sesuatu yang ga jelas tetapi masih ada maknanya
Tokoh – tokohnya:
  • Monet (Belanda)
  • Paul Cezanne (Inggris)
  • S. Sudjono (Indonesia)
     
6.Aliran Seni Lukis – Ekspresionisme
Ekspressionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Gaya melukis yang sesuai dengan ekspresi atau keadaan jiwa si pelukis.
Tokoh – tokohnya:
  • Afandi (Indonesia)
  • Vincent Van Gogh (Belanda)
    Lukisan Ekspresionisme

7.Aliran Seni Lukis – Kubisme

Aliran Kubisme adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso.

8.Aliran Seni Lukis – Abstrak

Aliran Abstrak adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Teknik abstraksi yang berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer saat ini berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya. Abstraksi disebut juga sebagai salah satu aliran yang terdapat di dalam seni lukis.

Contoh Lukisan Abstrak

7.  Aliran Fauvisme

Fauvisme adalah suatu aliran dalam seni lukis yang berumur cukup pendek menjelang dimulainya era seni rupa modern. Nama fauvisme berasal dari kata sindiran "fauve" (binatang liar) oleh Louis Vauxcelles saat mengomentari pameran Salon d'Automne dalam artikelnya untuk suplemen Gil Blas edisi 17 Oktober 1905

Fauvisme adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang hendak dilukis. Tidak seperti karya impresionisme,pelukis fauvis berpendapat bahwa harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut.
Lukisan Fauvisme

Itulah beberapa aliran dalam seni lukis, dan seiring perkembangan zaman aliran-aliran seni lukis akan terus bertambah dan berkembang…
Salam Seni Budaya !!!
MGMP Seni Budaya Kabupaten Gowa
(Sul Alphabeta)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar